Selasa, Mei 27, 2014

[Review] Book : Call Me Miss J by Orizuka

Siapa yang nggak kenal kakak tercinta kita Orizuka? Pasti semua tahu kan? Yep, dialah yang menulis novel berjudul Summer Breeze yang di filmkan dengan Chelsea Olivia serta si kembar Candrawinata sebagai tokoh utamanya. Tapi aku tidak akan membahas yg ini, lain kali aja kalau aku punya waktu lagi -sok sibuk-.

Tapi sebelum loncat ke sinopsis.atau komentar, aku mau kasih sedikit kata sambutan nih -berasa ketua RW-. Semenjak aku membaca novel kak Orizuka yang Summer Breeze dan sukses di buat mewek olehnya -serius, aku nangis kejer-, aku secara resmi menjadikan kak Orizuka penulis favoritku nomer 4 -nomer 1 sampai 3 rahasia-. Terus, aku juga kagum sama kak Orizuka, novel-novel yang dia tulis tuh seberapa pun sepelenya cerita itu, rasanya mataku ngga bisa pindah sampai keseluruhan ceritanya aku baca. Dan satu lagi, aku suka sama tokoh-tokoh yang dibuat sama kak Orizuka, semuanya kena. Mereka punya karakteristik masing-masing. Beda. Dalam sejarah aku membaca, setiap penulis itu pasti punya masing-masing karakter yang ... apaya namanya ... bulat ? bukan, mm kekal? Mutlak!. Maksudnya karakternya sifatnya itu-itu aja, paling beda dikit-dikit lah. Seperti komikus atau mangaka yang punya draft karakter dan akan terus di pakai dalam setiap ceritanya, sehingga rasanya seolah artis yang memainkan berbagai macam peran. Tapi kak Orizuka tidak, dia bisa membuat karakternya sinis banget, ceria banget, kaku banget, atau manis banget. They’re different from each other, they’re original. Orizuka for original. Yeah!

Oke itulah sedikitnya sambutan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih. *Bow

Tittle : Call Me Miss J!
Author : Orizuka

Tujuh alasan kenapa aku benci dipanggil Miss J :
7. Nama itu semacam pengingat kalau aku punya masalah penampilan.
6. Nama itu dikasih oleh orang yang paling ku benci sejagat raya.
5. Nama itu bikin aku ditertawakan seisi kantin.
4. Nama itu bikin aku terkenal (tidak dalam artian baik) dan jadi objek mading disekolah.
3. Nama itu membuatku dihukum seminggu.
2. Nama itu bikin cowok yang ku sukai bilang aku perlu berubah.
1. Praktisnya, nama itu bikin malu.

Bisa kebayangkan penderitaan ku? Aku kan sudah kelas sebelas! Bagaimana aku bisa memulai.romansa SMA ku kalau terus menerus dipanggil Miss J?

Azalea Mariska, atau yang biasa dipanggil Lea, siswi Universal High School yang biasa-biasa aja. Tidak ikut ekskul, tidak juara kelas, tidak cantik luar biasa, tapi tidak jelek luar biasa juga. Pokoknya, dia biasa banget, standar. Yah kecuali kebiasaan ceplas ceplosnya yang ngga bisa di tahan, sifatnya yang jayus, sifatnya yang mirip fitri tropica a.k.a lebay a.k.a dalam bahasa indonesianya ekspresif, dan bintang-bintang diwajahnya yang menanamkan prinsip amoeba. Lea punya tiga sahabat semenjak masa MOS, Alex, Vidi, dan Sabil. Serta saudara tirinya, Rio. Berlima mereka memporak-porandakan kerajaan Barbie. Eh, Rio cuma ambil bagian sekali ding.

Dunia Lea tadinya baik-baik saja sampai si Bar-Bar memberinya julukan baru, "Miss J" J for Jerawat. Tanpa perlu di umumkan ke seluruh penghuni kantin pun, Lea dan semua orang yang menatap Lea tau kalau dia itu memang punya masalah dengan jerawat. Diusir pakai sabun atau krim apapun, bintang-bintang di wajah Lea seolah tak rela untuk meninggalkannya sendirian. Akhirnya setelah kejadian memalukan dan saran sang pujaan hati untuk merubah diri, berakhirlah Lea di dokter kulit. Sebenarnya sudah sejak dulu ia disarankan oleh ibunya ke dokter, tapi kata dokter mengingatkan Lea akan jarum suntik, hal kedua yang di bencinya setelah Bar-Bar, karena itu ia selalu menolak jika di ajak ke dokter. Namun siapa sangka karena kunjungannya ke dokter Terresa, dia akhirnya punya kawan baru. Teman yang senantiasa mendengar keluh kesahnya tentang Bar-Bar dan komplotannya dan cowok keren yang ternyata brengsek. Kisah Lea, Vidi, Alex, dan Sabil plus tonjokan Rio dan saran Raya dari belakang panggung dalam menghancurkan kerajaan Barbie mendominasi novel yang di cetak ulang tahun 2013 ini.

"Don’t judge a book by its cover." is pretty much the lesson from this so far. ^^

Tittle : Call Me Miss J!
Author : Orizuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar