Jumat, April 11, 2014

[Review] Book : Can You Keep A Secret by Sheila Kinsella

Kalau pernah nonton "Confession of A Shoppaholic" pasti tidak asing dengan Shopie Kinsella orang yang membuat cerita itu ada. Sekilas tentang Confession of A Shoppaholic, bercerita tentang Jessica Bloomwood yang terlilit hutang ribuan dollar karena obsesinya terhadap benda benda cantik. Si Ms. Bloomwood ini hanya editor biasa di majalah yang juga biasa tapi kemudian bangkrut and make her jobless. Setelah lamarannya di Allete gagal, akhirnya dia beralih ke 'sepupu' Allete, Successful Savings. Majalah untuk pencinta ekonomi ini sebenarnya bukan tipe Jessicca, tapi apalah di kata, usahanya yang hanya coba-coba ternyata berhasil berkat idenya dalam surat beramplop pink "Investment With Shoes". And Whoila! jadilah dia The Girl On The Green Scraft lalu terkenal lalu hutangnya diketahui publik lalu diapun malu lalu dia akhirnya melelang bajunya untuk menutupi hutangnya. And don't forget 'bout the guy, si prince charming economic yang jatuh cinta karena kepribadian Jessica yang spontanious atau impulsif dalam bahasa lainnya.

Tapi aku tidak akan membahas karya Kinsella yang ini, melainkan yang tokoh utamanya sama-sama impulsif in a bad kind of way dan imajinatif Emma Corrigan, Junior marketing assistants but soon-to-be Marketing Executives in "Can You Keep A Secret?".

Of course I have secrets.
Of course I do. Everyone has a secret. It's completely normal. I'm sure I don't have anymore than anybody else. I'm not talking about big, earth-shattering secrets. Not the-president-is-planning-to-bomb-Japan-and-only-Will-Smith-can-save-the-world type secrets. Just normal, everyday little secrets.
Author : Sheila Kinsella


Such a little secrets but so many of them adalah sebutan yang paling cocok untuk semua rahasia Emma. Misalnya, minjam baju room-matenya tanpa bilang-bilang dan itu sering "But, Jemima's wardrobe is like a treasure chest. It's like a Christmas stocking. It's new, shiny, gorgeous clothes, one after another, all neatly folded and hung on scented hangers, like in a shop. It's a while since I borrowed anything from Jemima, and every single item seems to have changed since then." dan mimpinya jadi lesbian dengan teman sekamarnya Lissy 'It was a dream , OK? Not a fantasy. They're different!', atau  nyiram tanaman teman kerjanya dengan jus jeruk "So I watered one little plant with orange juice. So what?".

Dan semua rahasianya itu dia katakan ke pria di sebelahnya di pesawat. Yang kumaksud semua adalah SEMUANYA mulai dari ukuran tubuhnya yang dia kecilin sampai 4 nomor sampai fakta kalau dia ternyata ngga suka jazz di ungkapin ke pria asing yang duduk tepat di sampingnya. Tapi sayangnya lagi pria asing ini ternyata adalah pendiri perusahaan tempatnya sekarang bekerja, Jack Harper. 'But he wasn't my boss on the plane! He was just some stranger. I was never supposed to see him again!'.

Rahasia-rahasia Emma ternyata membuatnya dekat dengan si boss, mereka akhirnya mulai berkencan setelah Emma putus dari pacarnya si Slow-Minded Connor. Namun kencan impian Emma yang di wujudkan oleh Jack tak lantas membuatnya bahagia, terlebih ketika di tengah kencan mereka harus diganggu oleh telpon Jack yang tak kunjung berhenti berbunyi. Apalagi hubungannya dengan Jack itu hanya rahasia yang hanya diketahui Leopold File saja. Kegalauan terus menimpa Emma sampai kehebohan tentang terbongkarnya hubungannya dengan Jack dan juga semua rahasia Emma diketahui semua orang, maksudku semua orang yang menyaksikan wawancara Jack di TV.

Sheila Kinsella selalu membuat tokoh utamanya menjadi pusat perhatian pembaca, impulsif,imajinatif,dan teguh itulah karakter wanita yang selalu dibuat Kinsella. Jessica Bloomwood dan Emma Corrigan lah yang membuat pembaca tak jarang menahan tawa atas tingkah-tingkah dan pemikiran mereka. Can You Keep A Secret mungkin bukan oh-so-romantic novel untuk kalian yang cinta romantisme, tapi Can You Keep A Secret mampu membuat pembaca menyadari apa yang harus di miliki sebuah hubungan selain rasa mendahului kepentingan pasangan atau pemikiran orang lain tentang mereka. Misalnya, sebanyak apapun kau tau tentang pasanganmu, tak lantas membuatnya senang dengan mewujudkannya. Can You Keep A Secret juga mengatakan bahwa wanita suka kejutan, meskipun itu hanya kejutan kecil seperti mengetahui wanita itu suka bunga jenis apa. Juga pelajaran paling berharga yang pasti udah sering di dengar "Kejujuran lebih berharga dan lebih tidak menyakitkan daripada rahasia dan kebohongan, meskipun itu kebohongan demi kebaikan sekalipun."
Tittle : Can You Keep A Secret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar