Minggu, Juli 06, 2014

[Recomendation] Shoujo Manga

Ada yang suka baca komik? Kebanyakan dari kalian lebih suka beli hardcovernya atau baca online nih? Aku sih sukanya baca online, soalnya lebih cepet daripada rilis versi indonya. Yah, faktor ekonomi juga termasuk sih, hhe. Nah, aku pengen berbagi manga yang udah aku baca nih, beberapa  udah ada yang complete kok, jadi bisa puas bacanya. Sekilas tentang genre Shoujo. Shoujo yang dapat diartikan sebagai perempuan adalah genre yang memang menargetkan perempuan sebagai pembacanya. Kebanyakan genre shoujo, main char itu perempuan dan cerita yang disampaikan adalah romance ataupun drama. Kenapa aku milih shoujo sebagai genre utamaku, karena jujur aja, shoujo yang menurutku aman. Kok aman? Tau sendirilah, gimana pergaulan jepang, yang terlalu bebas sampai genre anime dan komik aja ada yaoi (homo), yuri (lesbi), dan hentai (porno). Jadi dari sekian banyak genre romantis yang aku coba satu-satu, shoujo lah yang teraman. Meskipun ada beberapa manga shoujo yang bisa dibilang ngga bagus kalo dibaca anak di bawah umur. Tapi dibanding genre-genre lainnya, shoujo lebih baik. Aku kan pecinta romance pemirsa. Okay, Langsung aja kali ya.

1.       Beauty Pop by Arai Kiyoko


Bercerita tentang seorang gadis bernama Koshiba Kiri yang punya talenta sebagai hair stylish. Dan uniknya dia dapat memotong rambut dalam waktu tiga menit hanya dengan menggunakan tangan kirinya saja. Hebat kan?. Kiri itu anak kalem, tipe-tipe cewek cuek yang kerjaannya selalu nguap entah itu disekolah atau dirumah. Tapi Kiri percaya pada para beautician yang dapat memberikan sihir pada orang lain dan menyulap siapapun menjadi lebih cantik dan tampan. Banyak dari para gadis yang punya masalah dengan rambut ia bantu menjadi gadis yang cantik jelita. X, itulah sebutan untuk Kiri, oleh SP (Scissors Project). SP adalah club yang beranggotakan 3 orang, Narumi Shogo sebagai hairstylist, Ochiai Kazuhiko sebagai make up artist, dan Minami Kei sebagai nail artist. Sebagai tambahan, anggota SP itu isinya cowok-cowok semua, para pewaris perusahaan di bidang yang tadi aku sebutin. Ketika SP mendengar bahwa ada orang yang memake over banyak gadis di sekolahnya, SP akhirnya menantang X untuk duel dengan Narumi, berhubung si X ini juga hairstylist. Semenjak inilah mereka berempat dan pemeran pembantu yang muncul belakangan nanti akan ikut kompetisi sejepang.
Beauty pop agak jadul, rilis sekitar tahun 2003, makanya ceritanya juga masih agak-agak aneh. Tapi itulah pesonanya, tangan ajaib Kiri, tekad Narumi, kecerdasan Ochiai, keceriaan Kei dan dukungan dari berbagai pihak membuat mereka mampu melakukan apapun, termasuk mengalahkan hairstylist nasional yang songongnya minta ampun.

2.       Last Game by Amano Shinobu



Yanagi Hisato bersumpah akan membuat gadis yang dibencinya bertekuk lutut di hadapannya. Setelah banyak kekalahan yang di dapat Yanagi semenjak Kujou muncul di sekolahnya, dia bersumpah akan membuat Kujou merasakan apa artinya rasa sakit karena kalah. Tapi semenjak SD diikuti SMP lalu SMA, tak sekalipun sumpahnya terlaksana. Setelah 10 tahun mengikuti Kujou kemanapun Kujou pergi (sekolah), Yanagi akhirnya justru jatuh cinta pada Kujou. Gadis mandiri yang agak-agak susah beradaptasi, tapi sangat mencintai ibunya. Dan akhirnya Yanagi mengibarkan bendera perang terakhirnya. Dengan kemenangan di pihak Yanagi jika mereka berakhir di pelaminan. Ohhhh.,, so sweet. Itu lamaran kan ya? Tapi kujou yang emang dasarnya ngga peka malah minta Yanagi jadi temennya. Gubrak.
Kujou Mikoto, cewek yang ngga pekanya tingkat dewa, selalu bikin Yanagi stress karena Kujou bener-bener ngga menganggap dirinya termasuk dalam kategori orang-orang yang dapat jatuh cinta. What the-? Yep. Kujou terlalu fokus dengan sekolah dan tujuannya untuk cepat-cepat bekerja agar dapat meringankan beban ibunya yang single parent sampai dia bahkan tidak punya satu temanpun (kecuali Yanagi) sampai dia lulus SMA.
Kisah Kujou dan Yanagi terus berlanjut ke jaman perkuliahan di mana perlahan tapi pasti, Kujou mulai menaiki anak tangga menuju kedewasaan.

3.       Kimi Ni Todoke by Shiina Karuho



Kuronuma Sawako, gadis berambut hitam panjang yang sering di samakan dengan sadako selalu mengagumi Kazehaya Shouta, cowok ceria yang populer satu sekolah. Sawako yang emang pada dasarnya pemalu, tidak berkesempatan mendapatkan teman semenjak film Sadako muncul di bioskop. Orang-orang selalu menunjuknya dan berbisik menciptakan rumor. Mereka takut pada sawako bahkan ketika sawako hanya mengambilkan sapu tangan yang terjatuh. “Gommenasai!” itulah yang sering sawako dengar ketika dia mencoba menolong seseorang.
Tapi saat hari pertama ia masuk SMA, ketika bunga sakura sedang bermekaran, seseorang mengucapkan terima kasih sambil tersenyum karena sawako menolongnya saat hampir tersesat. Seorang laki-laki yang bernama Kazehaya Shouta.

4.       Ao Haru Ride by Sakisaka Io



Yoshioka Futaba sama sekali tidak menyukai laki-laki. Makhluk yang bernama laki-laki selalu berkeringat, tertawa keras, kasar, dan tidak tau aturan. Tapi Tanaka Kou berbeda. Sifatnya yang pendiam membuat Futaba mengerti bahwa tidak semua laki-laki itu buruk. Namun, baru sebentar ia mengenal Kou, Kou ternyata harus pindah ke kota lain.
Tiga tahun berlalu, sekarang Futaba sudah masuk SMA. Dan tanpa sengaja, ia bertemu seseorang yang menurutnya sama sekali tidak mirip Tanaka-kun, namun entah mengapa hatinya mengatakan ia adalah Tanaka-kun. Dan hatinya benar, itu memang Tanaka-kun, namun dengan nama Mabuchi Kou. Tapi Kou yang ia kenal tiga tahun lalu dan Kou yang ia temui sekarang tidaklah sama. Mabuchi Kou seperti menyimpan kesedihan yang mendalam, yang membuat Futaba ingin membantunya. Membuat Kou sadar bahwa ia tidak sendirian. Bahwa Futaba akan selalu ada untuk menyadarkannya akan hal itu.

5.       Dengeki Daisy by Motomi Kyousuke



Kurobayashi Teru, yatim piatu yang baru saja kehilangan kakak satu-satunya karena kanker. Sendirian, harus mengadapi kerasnya dunia nyata. Namun, hal itu tidak membuatnya menyerah, dia terus berusaha dengan keras untuk mendapat beasiswa di sekolah ternama, meskipun ia terus saja di perlakukan semena-mena karena faktor ekonomi. Teru tak pernah menyerah dengan apapun yang dilakukannya, karena di belakangnya ada seseorang yang akan selalu menolongnya jika ia mendapat masalah. Seseorang dengan nama yang mirip dengan nama bunga kesukaannya, Daisy.

6.    Orange by Takano Ichigo



Hari pertama Takamiya Naho masuk kelas dua SMA, ia mendapat sepucuk surat, yang berasal dari Takamiya Naho. Awalnya ia mengira itu hanya lelucon, tapi setelah membacanya, ia terkejut karena semua yang ditulis dalam surat itu benar-benar terjadi. Tentang kedatangan Naruse Kakeru sebagai murid pindahan, sampai ketika ia dan teman-temannya mengajak Kakeru main bersama sepulang sekolah, semuanya terjadi. Dalam surat yang diterimanya itu, Naho dewasa berpesan kepada Naho remaja bahwa dia harus menjaga Kakeru dengan baik, karena di masa depan, Kakeru tidak ada bersama mereka lagi.

7.    Strobe Edge by Sakisaka Io



Kinoshita Ninako dan kawan-kawan selalu mengagumi Ichinose Ren yang selain tampan, cool pula. Meskipun Ninako tidak berlebihan seperti temannya yang lain ketika Ren-kun lewat, tapi Ninako memang mengakui kalau Ren-kun itu, keren. Namun, padangan Ninako terhadap Ren berubah semenjak ia dan Ren selalu pulang dengan satu kereta yang sama. Ren-kun bukan hanya keren, tapi juga baik dan rendah hati. Kedekatannya dengan Ren-kun membuatnya jatuh cinta. Tapi meskipun Ren-kun sudah punya pacar, dan cintanya ditolak di depan umum, Ninako tetap ingin menjadi teman Ren-kun. Karena kehilangan teman sebaik Ren-kun lebih buruk dari pada cinta bertepuk sebelah tangannya.

8.     Katakoi Triangle by Amano Shinobu



Sekiya Kasumi jatuh cinta pada Aki Yuuki, laki-laki pendiam yang selalu mampir di perpustakaan tempatnya bertugas. Mencoba mendekati Yuuki-kun, Sekiya justru berakhir dengan bermusuhan dengan Haruka Kasai, teman baik Yuuki. Dan cinta Sekiya diperparah ketika Yuuki-kun memutuskan untuk mendukung Kasai yang ia pikir suka pada Sekiya. Sekiya x Yuuki x Kasai x Sekiya. Cinta siapakah yang akan mekar nantinya?

9.      Koi Dano Ai Dano by Tsujita Ririko


Setelah mengalami bagaimana rasanya pindah sekolah sebanyak 108 kali, Naedoko Kanoko akhirnya memutuskan untuk tinggal sendiri saat SMA untuk bersekolah di SMA Takara No Tani. Kesukaannya mengobservasi serta memecahkan mistery membuat Kanoko terjebak di peperangan tiga kerajaan club Cultural Affair Departement. Bersama temannya Tsubaki Haru, cowok populer yang selalu mengikuti Kanoko kemanapun Kanoko pergi, mereka mencari cara bagaimana menaikan kembali popularitas Newspaper Club dan mengalahkan broadcasting club.

10.   Horimiya by Hero & Hagiwara Daisuke


Hori Kyoko dan Miyamura Izumi memiliki sisi yang tidak ingin diketahui orang lain. Hori yang di rumah lebih seperti ibu rumah tangga ketimbang anak sekolah, dan Miyamura yang punya tindik serta tato, berbeda dengan image Otakunya seperti yang diasumsikan orang lain. Persamaan inilah yang membuat mereka dekat, dan akhirnya berteman dan sepakat merahasiakan identitas masing-masing ke teman teman sekolah mereka.

Nah, itulah Top Ten shoujo manga favoritku. Dibaca ya buat yang belum baca. Dijamin suka. Dan semuanya genre School Life juga, jadi cocoklah buat remaja. Selain judul-judul diatas, banyak juga manga yang aku suka, listnya ada di bawah ini. Terus aku juga maunya ngejabarin satu-satu manganya, tapi lain kali aja deh. Biar ngga bosen.

Other Shoujo Manga Recomendation :

11.  Warau Kanoko-Sama by Tsujita Ririko : Prequel dari Koi dano Ai Dano, ini kisah SMPnya Kano-chan.
12.   Koi Nashi Ai Nashi by Tsujita Ririko : Comedy singkat dari Koi Dano Ai Dano.
13.   Kamisama Hajimemashita by Suzuki Julietta : Siluman dan dewa manusia, mirip-mirip inuyasa, bedanya ini lebih ke arah romantis. Recomend banget!
14.   Mashikaku Rock by Watanabe Kana : Tiga chapter doang, selebihnya One Shot.
15.   Tonari no Hanako-san (Next To Hanako-san) by Watanabe Kana : One Shot di Volumenya Mashikaku Rock, ceritanya sedih.
16.   Sayonara Sankaku (Goodbye Triangle) by Watanabe Kana : Ada di volumenya MR juga ^^
17.   Tsuimede Otteshimaimashita (Follow It With My Eyes) by Watanabe Kana : Di volume MR juga ^^
18.   Hana to Rakurai by Watanabe Kana : Scanlationnya di dropped tapi aku dapet info katanya mau dilanjut lagi. Semoga bener. Amin.
19.   Ouran High School Host Club by Hatori Bisco : Karakternya mirip sama Beauty Pop tapi ini lebih aneh cuma lucu banget.
20.   Oresama Teacher by Tsubaki Izumi : Kocak banget, tapi di sini ceweknya dikit, terus banyak premannya, Cuma kocaknya tingkat dewa.
21.   Arisa by Andou Natsumi : Ada genre psycological sama mistery juga. Tapi seru kok.
22.   Houou Gakuen Misoragumi by Aki Arata : Kisah penyembuhan Kei (cewek) yang takut laki-laki.
23.   Taiyo no ie by Taamo
24.   Harunaka no Ryuusei by Yamamori Mika
25.   Tonari no Kaibutsu-kun by Robiko
26.   Kaichou wa Maid-sama by Fujiwara Hiro
27.   Hanakimi to Koisuru Watashi by Kumaoka Fuyu
28.   Orange Marmalade by Seok Woo : Yang ini manhwa, nyempilin satu ga dosa lah.
29.   14 Sai Ko No Koi ..? by Mizutani Fuka : Kisah percintaan anak SMP yang masih unyu-unyu
30.   Faster Than A Kiss by Tanaka Meca : Teacher and student romance.
31.   7 Period Raphsody by Tanaka Meca : Another teacher and student romance.
32.   7 Period Is A Secret by Kozue Chiba : Teacher and student again.
33.   Chocolate Cosmos by Haruta Nana : Same with no. 30
34.   Stardust Wink by Haruta Nana : Triangle love childhood friend.
35.   Barajou no Kiss by Shouoto Aya
36.   Namida Usagi by Minase Ai
37.   Namaikizakari by Miyuki Mitsubachi : Baru chapter 1, mudah-mudahan ngga di drop.
38.   Shitsuji-sama no Okiniiri by Tsuyama Fuyu & Izawa Rei
39.   Spesial A by Minami Maki
40.   Obaka-chan Koigatariki by Sato Zakuri : udah di dropped, mudah-mudah dilanjutin lagi T.T

Terus yang manganya belum aku baca tapi udah aku tonton live actionnya.
41.   High School Debut
42.   Lovely Complex
43.   Bokura Ga Ita
44.   Switch Girl
45.   Hana Kimi
46.   Skip Beat
47.   Itazura Na Kiss

Dan Shoujo Manga yang chapter-chapter selanjutnya ngga aman.
48.   Kyou, Koi Wo Hajimemasu :awalnya bagus
49.   Say I Love You : suka bagian awalnya
50.   Black Bird : dari awal udah ga aman

Wah panjang ya, hahaha, masih banyak lagi sebenernya, manga yang udah aku baca, tapi nanti ngga selesai-selesai malah. :p
Sekian pemirsa, sampai ketemu lagi saat aku membahas manga-manga ini satu per satu. Ho ho ho.

Sincerelly


Diyah

7 komentar:

  1. Ada rekomen buat manga shoujo oneshot yg keren ga? Boleh dong dibagi :D
    Beberapa dipostingan ini udah aku baca dan tonton dan beberapa belum, mungkin aku bakal coba satu2 manga rekomennya ^^

    BalasHapus
  2. Kimi No Iru Machi ==> Yang ini keren juga

    Fuuka ==> bacanya sampe nangis2 XD

    Suzuka ==> (yg ini biasa aja sih), tapi jadi asal muasal Fuuka.

    BalasHapus
  3. Suka banget sama horiyima,last game,au haru ride,sama strobe edge!!!
    Jangan lupa para otaku dari Indonesia baca juga Nisekoi

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. maaf min hanya ingin merevisi untuk demography manga horimiya itu bukan shoujo, lebih tepatnya untuk shounen

    BalasHapus